Skip to main content

MacOS Basic Calculator

 Selamat pagi, teman-teman! Pada kesempatan kali ini, saya berhasil membuat sebuah kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa prmorgraman Swift dan Framework SwiftUI. Alasan saya menggunakan Swift adalah karena pengembangan aplikasi dengan operating system Apple, jauh lebih mudah menggunakan Swift. Oleh karena itu, yuk kenalan terlebih dahulu dengan pemrograman Swift!

Apa itu Bahasa Pemrograman Swift?

    Swift adalah programming language yang dikompilasi multi-paradigma untuk tujuan umum yang dikembangkan oleh Apple Inc. Untuk iOS, iPadOS, macOS, watchOS, tvOS, Linux, z / OS. Swift dirancang untuk bekerja dengan kerangka kerja Cocoa and Cocoa Touch  Apple dan kode besar Objective-C yang ada ditulis untuk produk Apple. Ini didasarkan pada kerangka kerja kompiler LLVM open source dan telah disertakan dalam Xcode sejak versi 6 dirilis pada tahun 2014. Pada platform Apple menggunakan perpustakaan runtime Objective-C yang memungkinkan untuk menjalankan C, Objective-C, C++, dan Swift dalam satu program.

    Swift programming language berasal dari Apple yang membuat aplikasi jadi (executable) dengan metode kompilasi (compiled), bukan diterjemahkan (interpreted) maupun dikelola (managed). Proses kompilasi membuat aplikasi asli yang berjalan langsung pada mesin dan sistem operasi tempat aplikasi berjalan, tanpa menggunakan interpreter aplikasi tambahan (interpreter) atau VM (mesin virtual). Dalam hal ini, Swift mirip dengan C/C++ dan FreePascal, bukan Python atau PHP (memerlukan interpreter), JavaScript, Java atau C# (memerlukan runtime atau VM). Ini adalah salah satu faktor yang membuat aplikasi Swift hebat dan cepat. Kompiler Swift menggunakan perangkat lunak LLVM yang juga merupakan proyek kode terbuka.

Tampilan Aplikasi Kalkulator Sederhana

Tampilan Utama Kalkulator Sederhana

Pesan yang ditampilkan di console box

Demo Aplikasi Kalkulator Sederhana

Source Code

  1. CalculatorEngine.swift 
  2. ViewController.swift

  3. Full source code dapat diakses melalui link di sini






Comments

Popular posts from this blog

EAS PBKK

  1. S ebutkan keuntungan dan kerugian penggunaan framework dalam membangun aplikasi Kelebihan penggunaan framework dalam membangun perangkat lunak: Produktivitas yang Tinggi: Framework menyediakan kerangka kerja yang telah dibangun sebelumnya, dengan komponen dan fitur yang siap digunakan. Ini memungkinkan pengembang untuk fokus pada logika bisnis inti daripada menghabiskan waktu membangun komponen dasar. Dengan demikian, penggunaan framework dapat meningkatkan produktivitas pengembangan perangkat lunak.  Standarisasi: Framework sering kali mengikuti praktik terbaik dan standar industri yang telah mapan. Pengembang dapat memanfaatkan konvensi dan pedoman yang ada, yang memudahkan kolaborasi dengan pengembang lain dan pemeliharaan perangkat lunak di masa depan. Modularitas dan Reusabilitas: Framework memungkinkan pengembang untuk membagi perangkat lunak menjadi modul yang terpisah. Ini memfasilitasi penggunaan kembali kode yang ada, sehingga menghemat waktu dan upaya dalam mengembangka

WinForm Application

Pada hari Selasa, 14 Maret 2023, mahasiswa PBKK Kelas B diberi materi berupa pembuatan WinForm Application. Setelah pemberian materi, kami diberikan tugas berupa latihan untuk membuat aplikasi WinForm. Aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi untuk memasukan nama dan menampilkan daftar nama yang sudah dibuat. Referensi tutorial pembuatan aplikasi tersebut dapat diakses melalui link berikut   1. Source Code 2. Dokumentasi Aplikasi